Hari Gizi Nasional di Kabupaten Kubu Raya

Sungai Raya – Untuk memperingati Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tahunnya Pemkab Kubu Raya menggelar upacara yang bersamaan dengan Hari Kesadaran Nasional.

Upacara tersebut berlangsung di halaman kantor Bupati Kubu Raya Rabu tanggal 17 Februari 2016 yang dimulai sejak pukul 08:00 hingga pukul  09:45 pagi Upacara tersebut di pimpin Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus.

Meskipun cuaca panas terik namun upacara tersebut berjalan dengan lancar, hal ini menunjukkan antusiasme para Pegawai Negri Sipil (PNS) dan pegawai Non PNS akan pentingnya gizi.

 ”Salah satu indikator untuk melihat peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah bagaimana status gizi masyarakat itu sendiri yang tergambar dalam status gizi balitanya”, ungkapnya.

Masalah kekurangan gizi yang mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini adalah masalah kurang gizi kronis dalam bentuk anak pendek atau “STUNTING”.Kemiskinan dan rendahnya pendidikan dipandang sebagai akar penyebab kekurangan gizi.

Anak balita stunting tidak disebabkan oleh keturunan tetapi umumnya oleh kekurangan gizi dan atau mengalami sakit dalam waktu yang relatif lama, terutama pada usia seribu hari pertama kehidupan (periode emas).

“Secara umum stunting dapat menyebabkan daya tahan tubuh rendah, dan produktivitas rendah ketika dewasa. Untuk mengatasinya perlu dilakukan perbaikan gizi sejak janin dalam kandungan, pemberian asi secara ekslusif sampai enam bulan”. Pungkasnya.

Umumnya stunting mulai tampak sesudah anak berusia lebih dari enam bulan. Stunting sebenarnya  dapat dicegah dengan perbaikan gizi selama masa kehamilan serta pemberian makanan padat (MP-ASI).
MC.Kubu Raya.Yi/Mus

0 komentar:

Posting Komentar