Rasau Jaya


Kecamatan Rasau Jaya merupakan salah satu kecamatan yang termasuk dalam Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rasau Jaya, dengan menjadinya Kecamatan Rasau Jaya sebagai KTM mengakibatkan bertambahnya jumlah penduduk dari transmigrasi yang datang ke Rasau Jaya, hal ini mengakibatkan meningkatnya aktifitas pembangunan di berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik berupa pembangunan sarana pemukiman, jaringan infrastruktur, fasilitas ekonomi ataupun fasilitas sosial peningkatan aktivitas pembangunan tersebut sudah tentu akan diikuti oleh bertambahnya kebutuhan lahan yang mewadahi aktifitas pembangunan tersebut.

Pintu gerbang masuk KTM Rasau Jaya

Selain pembangunan fisik dan ekonomi, pemerintah juga sangat peduli terhadap pembangunan sosial dan budaya, khususnya dalam bidang keagamaan, pembangunan Masjid sebagai Islami Center untuk mendukung adanya program KTM Rasau Jaya.
Masjid Muhajirin di Rasau Jaya

Sebelum dicanangkan sebagai Islamic Center KTM Rasau Jaya, Masjid Muhajirin adalah merupakan sebuah sarana peribadatan yang didirikan dan diresmikan oleh Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Pengairan P4S (Proyek Pembukaan Persawahan Pasang Surut) tanggal 3 Mei 1976.
Terbentuknya Islami Center terpenuhinya konsep-konsep sebagai berikut:
1.    Ada masjid sebagai tempat ibadah
2.    Ada gedung untuk belajar agama
3.    Ada asrama santri dan pengasuh sebagai tempat tinggal
4.    Ada santri yang mukim dan mengaji
5.    Ada kitab-kitab klasik (kuning) yang diajarkan.
Pada tahun 2007 resmilah islami center tepatnya di areal Masjid Muhajirin terdapat Lembaga pendidikan pondok pesantren dengan nama Sunan Ampel sampai sekarang.

Plang reklame KTM Rasau Jaya

tempat pembuangan akhir di Rasau Jaya




Upaya peningkatan daya dukung lahan di Kecamatan Rasau Jaya dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Pertanian

Peningkatan daya dukung lahan pertanian di Kecamatan Rsau Jaya seperti padi dan jagung merupakan komoditi yang utama, peningkatan produksi padi Kecamatan Rasau Jaya dilakukan dengan cara mengubah jenis padi yang ditanam yang sebelumnya jenis padi lokal menjadi padi unggul, padi jenis unggul dapat dipanen dalam jangka waktu 3 bulan dengan produksi 5-7 ton/ha, dengan demikian produksi padi dapat meningkat hingga lima kali lipat dari biasanya. Selain itu dalam jangkan 1 tahun dapat dilakukan 2 kali penanaman padi yang selanjutnya setelah panen dilakukan penanaman jagung
lahan sawah

Perkebunan 

Peningkatan daya dukung perkebunan di Kecamatan rasau Jaya . Di KTM Rasau wijaya sudah banyak kelapa sawitnya maka para petani lebih banyak di kelapa sawit karena menghasilkan nilai tambah bagi mereka. Dengan keberadaan KTM, para petani mengaku senang karena sangat membantu sekali dan menambah semangat para petani. Selain dapat menampung jumlah transmigrasi yang banyak, ternyata KTM Rasau Jaya memiliki potensi perkebunan yang bagus yaitu jagung, murbey, kelapa sawit.
Kebun Nanas di Rasau Jaya

Kebun jagung di Rasau Jaya

Peternakan

Populasi ternak dimana budidaya peternakan juga merata pada setiap kecamatan, sentra penghasil ternak berada pada Kecamatan Sungai Kakap, Sungai Raya, Kubu dan Rasau Jaya. Untuk pengembangan masih terdapat lahan yang luas di Kecamatan Terentang dan Batu Ampar dengan kondisi alam yang juga mendukung.
Kelompok unggas di dominasi oleh jenis ayam dan itik. Selain pengembangan ternak, peluang di bidang peternakan juga terbuka bagi usaha pemasaran dan pembangunan industry pakan ternak.

Perencanaan Pembangunan wisata sungai juga akan dipusatkan di Kecamatan Rasau jaya karena selama ini rasau jaya merupakan gerbang bagi kecamatan lain untuk menuju pusat pemerintahan kabupaten kubu raya.
Muara sungai rasau juga menjadi tempat favorit bagi penghoby pemancing hal tersebut dibuktikan dengan adanya lomba memancing udang galah, di Kecamatan Rasau Jaya. Pada tanggal 28 september 2014 lalu, Kegiatan lomba mancing udang galah se- Kalbar diadakan di Sungai Rasau Jaya, Dusun Kapuas, Desa Rasau Jaya Umum, Kabupaten Kubu Raya yang di selenggarakan oleh komunitas Pemancing Udang Galah (PUG) dan pemancing udang kalbar (Pemuka).

Dermaga di muara sungai Rasau Jaya

Berikut daftar nama desa yang berada di Kecamatan Rasau Jaya



No
Kode Pos
Nama Desa
Kecamatan
Kabupaten
Provinsi
1
78382
Bintang Mas
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat
2
78382
Pematang Tujuh
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat
3
78381
Rasau Jaya 1 (Satu)
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat
4
78382
Rasau jaya 2 (Dua)
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat
5
78382
Rasau jaya 3 (Tiga)
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat
6
78382
Rasau Jaya Umum
Rasau Jaya
Kubu Raya
Kalimantan barat

Semoga bermanfaat (MC/KubuRaya)

2 komentar:

  1. nama perusahaan peternak ayam broiler (pedaging) di kecamatan rasau jaya apa ya? kira kira ada brapa perusahaan yang bergerak di bidang peternak?

    BalasHapus