Pramuka Membentuk Moral Pancasila

Kubu Raya - Kegiatan Kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD) angkatan ke VI kwartir Ranting di gedung graha pramuka Sei Raya bertujuan menciptakan Kader berpancasila sejati tidak hanya sikap dalam membina tapi  juga membentuk karakter kader pancasilais untuk kuat dalam fisik dan juga mental. 

Kegiatan kursus pembina Pramuka di Graha pramuka Sungai Raya
“Pembentukan moral berasal dari dasa dharma pramuka dan tri satya untuk pramuka penegak, pramuka pandega dan anggota dewasa,” ungkap Mulyadi H. Ismail Waka Kwarcab Kabupaten Kubu Raya. Selasa (13/1)

Menurut Mulyadi Susunan kegiatan pramuka untuk mencapai hasil yang lebih baik melalui tahapan sebagai berikut pramuka wajib mengikuti tingkat jambore ranting (tingkat Kecamatan) kemudian ke jambore cabang (tingkat Kabupaten) dan akan naik lagi jambore daerah (tingkat Provinsi) dan peserta akan diseleksi lagi untuk mengikuti jambore nasional (tingkat Nasional) peserta yang bisa mengikuti jambore nasional berumur 11 sampai 15 tahun dari pramuka penggalang.

Seiring dengan dihentikannya kurikulum 2013 kegiatan ekstrakurikuler pramuka wajib berjalan disetiap sekolah-sekolah, karena Pramuka terbentuk dengan undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Kegiatan yang diketuai oleh Drs. M. Shabriandi, M.pd  ini dilakukan dalam 6 hari, 4 hari dalam bentuk teori 2 hari praktek, dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 17 Januari 2014.
“Menjadi seorang Pembina Pramuka tak senggampang yang diperkirakan selain kuat dalam fisik Pembina juga bertugas merencanakan melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di tingkat Gugusdepan (gudep),” ujar Mulyadi.

Adapun  peserta kegiatan yang hadir para guru-guru Sekolah dan Pembina pramuka bahkan kegiatan ini juga dihadiri beberapa kepala sekolah.

Pria yang pernah mengikuti jambore Nasional ini berharap, “kegiatan ini terus berlanjut bila perlu setiap sekolah bisa mengirimkan peserta-pesertanya untuk mengikuti kegiatan pramuka untuk pemerintah daerah bisa peduli dengan keberadaan kami karena kegiatan ini kami lakukan dengan swadaya,” tuturnya.

Mulyadi Menambahkan, “kegiatan pramuka ini dulu sempat menoreh nama besar daerah Kabupaten Kubu Raya saat mengikuti kegiatan jambore tingkat nasional di jakarta pada tahun 2008 kebetulan saya yang ditunjuk saat itu untuk mengikuti jambore tersebut,” katanya. (MC/KubuRaya/Syah)

0 komentar:

Posting Komentar