Wabup Kubu Raya : Teliti Saat Beli Lahan Tanah


Kubu Raya – Melihat cukup banyaknya kasus timpang tinding lahan yang terjadi diKubu Raya hingga saat ini, membuat Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menghimbau masyarakat agar lebih teliti saat akan membeli lahan.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pun terus mengupayakan agar ribuan kasus timpang tindih lahan yang ada saat ini bisa segera dituntaskan.

“Saya menghimbau sebaiknya saat akan membeli lahan tanah masyarakat bisa teliti dan mencari informasi lahan tersebut, baik kepemilikan, SKT, SPT maupub Sertefikat,” ucap Hermanus.

Hermanus menilai, hingga sekarang cukup banyak kejadian dilapangan, muncul banyak persoalan saat sipembeli berupaya melakukan pembebasan lahan.

“Kalau lahan tersebut sudah dijual orang tuanya, ada ditemukan kasus dilapangan anak-anak pemilik lahan sebelumya mengklaim lahan tersebut itu tidak dibebaskan atau dijual, ada juga ditemukan kasus orang lain yang mengaku memiliki tanah yang telah dijual,” paparnya.

Dalam membebaskan lahan Hermanus menghimbau masyarakat, agar teliti dan melibatkan jajarannya tingkat bawah, baik RT, Dusun, Kades, Camat dan sebagainya, agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari.

Dalam kesempatan yang sama, Hermanus juga meminta dengan masyarakat yang mempunyai permasalahan terhadap lahan, agar mempersiapkan dokumen serta memiliki bukti-bukti yang kuat untuk melaporkan kepihak berwajib.

“Semua pihak perusahaan dan masyarakat dalam posisi yang benar, kami akan dukung untuk melakukan penyelesaian hingga persidangan, kita tidak mempunyai target yang muluk-muluk  ada persoalan kita akan proses cepat dan ditindaklanjuti ke pihak kecamatan hingga ke pemerintah,” ungkapnya.

Hermanus menghimbau pihak BPN Kubu Raya bisa bekerja lebih ekstra agar tidak terus timbul permasalahan tumpang tindih lahan ini.

“Selain pemerintah masyarakat juga harus berhati-hati saat akan membeli tanah, sehingga tidak terjadi persoalan tumpang tindih lahan, dan tidak terjadi persoalan saat akan membuat sertefikat tanah dikemudian hari nannti,” tutupnya.  (MC/KubuRaya/syah)

0 komentar:

Posting Komentar