Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kubu Raya Bina 16 Desa Pesisir

Sungai Raya – Kubu Raya - Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya, terus melakukan pendampingan serta pembinaan terhadap 16 desa yang berada di daerah pesisir pada di empat kecamatan di kabupaten Kubu Raya.

“Empat kecamatan pesisir yang saya maksud, yakni Batu Ampar, Kakap, Teluk Pakedai dan Kubu,” kata Kadis DKP Kubu Raya, Djoko Triyono di Sungai Raya, Senin (16/5).

Dia menjelaskan, pendamping yang dilakukan DKP terbagi dari beberapa kelompok, yakni BKSDA, Usaha dan kelompok Budidaya.

“Dari kelompok itu, mereka melakukan sesuai keahlianya, karena hal tersebut juga dilakukan untuk melakukan pengawasan serta melakukan pembinaan,” katanya.

Seperti dilakukan kelompok BKSDA, lanjut Djoko, untuk mengawasi lingkungan sekitar, terutama antisipasi perusak lingkungan.

“Jika ada hal-hal yang merusak, silakan laporkan ke pihak terkait. BKSD ini juga membantu pemerintah penanaman mangrove,” tuturnya.

Djoko menambahkan, untuk kelompok usaha, pihaknya sudah membantu para nelayan mengelola hasil tangkapnya serta memasarkan hasilnya.

“Hasil tangkapan nelayan, tetap kami kelola serta akan dijual di tempat khusus yang sudah dibuat kelompok usaha. Banyak sekali yang sering kami lakukan, pembuatan kerupuk serta beberapa makanan khas yang terbuat dari hasil tangkapan,” katanya.

Tidak hanya itu, Djoko menambahkan, pihaknya juga melakukan pendampingan serta pembinaan terhadap kelompok budidaya, terutama antisipasi nelayan tidak bisa melaut.

“Ada beberapa Budidaya yang dibangun, keramba air tawar, karena hal tersebut membantu warga pesisir yang tidak bisa melaut,” kata Djoko.

Ia juga meminta agar warga sekitar, untuk tidak membuat sampah di daerah pesisir, agar tidak membuat sampah kotor.

“Jika ada orang yang merusak ekosistem, serta yang lain, segera laporkan ke pihak berwajib atau dengan petugas sekitar,” tuturnya.

MC.Kubu Raya/Yi/ady

==Sumber==

0 komentar:

Posting Komentar