Kasus Kusta di KKR Masih Tinggi

Sungai Raya, Sungai Raya,Dinas Kesehatan Kubu Raya mencatat ada 24 kasus kusta diantaranya 22 kasus kusta PB(kusta kering) dan 2 kasus kusta MB(kusta basah), hal ini dinilai cukup besar jumlahnya menurut Kasi Pemberatasan Penyakit dan Wabah, Siswani.

“Ada sepuluh Puskesmas yang melaporkan temuan kasusnya dimasing-masing wilayah kerja dengan CDR (angka penemuan kasus) 3,85 persen.”Ungkapnya (Kamis, 28/1).

Berdasarkan catatan Kementrian Kesehatan RI Pada tahun 2013 lalu mencatat 16.825 kasus kusta baru, dengan angka kecacatan 6,82 per 1.000.000 penduduk. Angka ini menempatkan Indonesia diperingkat ketiga dunia dengan kasus baru kusta terbanyak setelah India (134.752 kasus) dan Brazil (33.303 kasus).

Menyadari hal ini Siswani berharap dengan pola Rapid Village survey dan inovasi kami mampu menemukan sebanyak-banyaknya kasus sehingga bisa diintervensi sedini mungkin, sehingga penularan dan penyebarannya mampu ditekan.

“Saya berharap semua masyarakat bisa mengenali tanda dan gejala kusta, maka kecacatan akibat kusta dapat dihindari, termasuk anak-anak sekolah harus bisa mengenali apa itu kusta, sehingga bisa menjadi kader di sekolah,” ungkap Siswani.
MC.Kubu Raya.mus

0 komentar:

Posting Komentar