Koperasi Berpotensi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Sungai Raya  - Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya berupaya mendorong pembangunan koperasi dan UMKM guna mewujudkan koperasi yang berdikari.

Sebanyak 200 peserta Koperasi dan UMKM diundang dalam rangka rapat koordinasi bersama dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Koperasi Indonesia, di Hotel Randayan, Kubu Raya, Selasa (23/8/2016).

Koordinasi pembangunan koperasi dan UMKM se-Kabupaten Kubu Raya mengambil tema "Dengan semangat hari ulang tahun koperasi Indonesia ke - 69 tahun 2016 kita tingkatkan koordinasi pembangunan koperasi dan UMKM menuju reformasi koperasi untuk mewujudkan ekonomi berdikari".

Di antara pembahasannya terkait unsur-unsur yang perlu diperbaiki dari pencatatan, manajemen koperasi dan perizinan. Terutama untuk masalah perizinan, direncanakan akses dari UMKM bisa diakses di kantor camat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Kalbar, Marsianus SY dalam arahannya optimis pertumbuhan ekonomi masih sangat berpotensi untuk ditingkatkan melalui peningkatkan koperasi dan UMKM yang dilakukan dari tingkat bawah, serta dengan mempermudah izin usaha yang bisa diakses di kecamatan tempat tinggal mereka.

"Saya yakin sekali pertumbuhan ekonomi dari koperasi dan UMKM masih sangat terbuka sekali. Makanya hal ini perlu didorong dari tingkat bawah dan mempermudah izinnya. Karena kalau dari daerah yang jauh datang jauh-jauh hanya untuk mengurus izin cukup menghambat," katanya.

Ia menuturkan koperasi sangat cocok untuk Indonesia karena menganut sistem kekeluargaan dan menjanjikan kesejahteraan bersama. Makanya berkoperasi bisa menjadi acuan dalam melaksanakan usaha mulai dari usaha kecil dan menengah.

"Koperasi sebagai bentuk usaha berazas kekeluargaan. Jadi sama-sama menjadi sejahtera dan sama menjadi kaya. Namun perlu diketahui juga untuk bisa berkembang jangan sampai salah mencatatkan dan manajemennya diatur dengan baik," ungkapnya.

Rakor dalam upaya peningkatan menghadirkan sejumlah narasumber dalam sesi tanya jawab. PLT Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo mewakili Bupati Kubu Raya Rusman Ali, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suprapto, serta narsumber lainnya.

Gie.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar