menyukseskan Gerakan Nasional Sosalisasi dan Pencegahan Kanker


Kubu Raya – Dinas Kesehatan Kubu Raya dan Tim PKK Kabupaten Kubu Raya ikut menyukseskan Gerakan Nasional sosialisasi dan pencegahan dini kanker serviks pada perempuan Indonesia.

    “Kegiatan dilaksanakan bertempatan dengan peringatan hari Kartini dan kami laksanakan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya sebagai bentuk keseriusan dalam menyukseskan program nasional dan membantu para perempuan mencegah dari penyakit kanker serviks”, Kata Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya, Endang Indrawati, (21/4)

    Lanjutnya, kegiatan itu terlaksana atas kerja sama PKK Kubu Raya dengan BPJS Kesehatan Kubu Raya dan Dinas Kesehatan Kubu Raya dan dilaksanakan selama sepekan dengan berbagai kegiatan diantaranya pemeriksaan dan deteksi dini kanker serviks denga metode tes IVA.

    “Untuk proses pemeriksaan bisa dilakukan di pukesmas Sungai Durian, Sungai Raya Dalam, Korpri, Sungai Ambawang, dan Pukesmas Rasau Jaya dan untuk pemeriksaan tidak di kenakan biaya”. Ungkapnya

    Dari tahun 2013 IVA tes sudah dilaksanakan di beberapa pukesmas di Kubu Raya tetapi belum diminati masyarakat namun, pada tahun 2014 mengalami peningkatan masyarakat melakukan pemeriksaan secara mandiri melakukan pemeriksaan sebanyak 600 orang 11 diantaranya mengidap penyakit kanker serviks tersebut, Ungkapnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli mengatakan program pemeriksa IVA tes dan SADARI itu merupakan salah satu langkah pemkab Kubu Raya untuk mencegah terjadinya PTM khususnya kangker.

    “Melalui gerakan nsional ini bisa semakin banyak masyarakat perempuan yang mau melakukan pemeriksaan dini untuk mencegah kanker tersebut, Ungkap Berli.
(MC/Kubu Raya/Ydi)

0 komentar:

Posting Komentar