Waspada ISPA dan DBD di Kubu Raya

KUBU RAYA - Kepala Dinas kesehatan Kubu Raya, dr Berli mengatakan sejak beberapa bulan terakhir jumlah ISPA di Kubu Raya kian meningkat dibanding hari-hari biasanya. “Banyaknya kabut asap ditambah dengan mulai adanya indikasi masuk musim kemarau membuat kasus ISPA beberapa waktu terakhir kian meningkat, kalau dikalkulasikan peningakatannya sekitar 20 persen dibanding hari-hari biasanya,” Kata Berli, Selasa (6/8/2014).

     Kendati anak-anak rentan terkena ISPA di Kubu Raya, kata Berli, saat ini kasus ISPA lebih banyak menyerang orang dewasa. Terutama
bagi masyarakat yang sering beraktifitas di luar rumah tanpa menggunakan pengamanan maksimal seperti masker dan sejenisnya.
     Bagi warga yang terkena ISPA sebaiknya harus bisa langsung dibawa ke tenaga medis untuk meridapatkan penanganan maksimal. 

Apalagi bagi balita yang terkena ISPA sebaiknya memang langsung dibawa ke tenaga kesehatan dan diberikan antibiotik sehingga penanganan yang dilakukan bisa maksimal," paparnya.
    Selain mengingatkan setiap warga, agar bisa lebih disiplin Berli juga mengingatkan upaya lain yang dilakukan pihaknya untuk menekan jumlah kasus ISPA. Yakni dengan terus melakukan penyuluhan kesehatan di tempat pelayanan kesehatan yang terdapat disetiap kecamatan di Kubu Raya.

     Tak hanya ISPA, dalam kesempatan sarna, pria yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) KaIbar ini mengatakan, saat ini terdapat peningkatan kasus DBD di Kubu Raya.
"Secara keseluruhan hingga sekarang sudah terdata sekitar 105 warga di Kubu Raya yang terkena DBD dan tiga diantaranya meninggal dunia," ucapnya.
     Kendati sudah tiga warga yang meninggal akibat DBD, pihaknya belum rnemberikan pernyataan Kejadian Luar Bisa (KLB) pada kasus DBD di Kubu Raya. Karena pada tahun 2009 lalu Kubu Raya juga sempat mengalami peningakatan jumlah kasus, yakni lima warga yang meninggal akibat DBD.
  
      Berdasarkan data yang dimiliki tahun 2009 lalu, terdapat peningkatan kasus DBD dimana lima warga meninggal. Makanya walaupun kasus DBD saat ini meningkat tetapi kami belum menetapkan KLB dan dari semua kecamatan, yang warganya cukup banyak terkena DBD yakni di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambawang dan Sungai Kakap, ujarnya.(MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar