Tingkatkan Status Dermaga Batu Ampar

Kubu Raya – Anggota  DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah mengharapkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa mengupayakan peningkatan status penangkalan dermaga di Batu Ampar kembali menjadi pelabuhan, harapan tersebut karena di nilai berpeluang mendorong pertumbuhan perekonomian di Kubu Raya.
 
    “Di tahun 1970 an hingga 1990 an, pangkalan dermaga di Batu Ampar itu statusnya pernah menjadi pelabuhan bertaraf internasional yang disebut pelabuhan Teluk Air karena kala itu cukup banyak aktivitas angkutan terutama kayu balok yang difokuskan bongkar muat di sana,” paparnya. Kamis (09/10).

    “Belakangan ini kan ekspor Crude Palm Oil (CPO) cukup tinggi di Kalbar, bisa saja nantinya pengangkutan CPO dari Ketapang, Tayan dan daerah sekitar diupayakan melalui Pelabuhan Teluk Air di Batu Ampar,” ungkapnya.

    Kendatai optimis pangkalan Batu Ampar tersebut bisa kembali ditingkatkan statusnya, namun Agus mengakui memang saat ini terjadi pendangkalan sungai di sekitar kawasan Padang Tikar, sehingga belum memungkinkan masuknya kapal-kapal besar melintasi pelabuhan tersebut.

    Jika status pelabuhan Batu Ampar meningkat, menurutnya tidak menutup kemungkinan akan memicu peningkatan pendapatan asli daerah di Kubu Raya, karena akan ada pajak atau sejenisnya yang bisa dipungut dari banyaknya kapal yang melintasi dan mengangkut barang melewati pelabuhan tersebut.

     Kepala Desa Padang Tikar II Kecamatan Batu Ampar, Efendi Senong membenarkan jika saat ini terjadi pendangkalan terutama di aliran Sungai Pelabuhan Medan Seri, “jika air surut, banyak kapal yang sulit bersandar di sekitar pangkalan, makanya kami berharap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa melakukan pengerukan terhadap sungai di sini agar memudahkan kapal bersandar,” tuturnya.

      Jika kondisi sungai dibiarkan dalam keadaan dangkal, Efendi khawatir akan kian menghambat aktivitas bongkar muat barang yang akhirnya berujung pada tidak berjalannya mobilitas dan perekonomian masyarakat setempat. (MC.Kubu Raya/Irdiansyah)

0 komentar:

Posting Komentar