BNPB Tetapkan Limbung Desa Tangguh Bencana

Kubu Raya - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) Pusat menetapkan Desa Limbung sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana). Kepala Desa Limbung Tajudhin mengatakan, di Provinsi Kalimantan Barat yang ditunjuk BNPB sebagai Destana ini hanya dua desa, yakni Desa Limbung dan Kubu Padi. Kedua desa ini terletak di Kabupaten Kubu Raya.


    “Alasan yang kuat di tunjuknya Desa Limbung menjadi Destana karena kita terletak persis dekat dengan bandara Supadio. Tujuannya agar jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan terjadinya kabut asap di musim kemarau sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan maupun penerbangan,” terangnya, jumat (28/11).


    Destana ini nantinya akan ada sebuah tim atau fasilitator yang biayanya sepenuhnya ditanggung oleh BNPB Pusat. Tanggung jawab tim ini nantinya adalah mencegah terjadinya karhutla di Desa Limbung. Selain bertugas memadamkan api, tim nantinya juga akan melakukan sosialisasi, penyuluhan maupun pembinaan secara kontinu kepada masyarakat karhutla serta melakukan patroli disetiap wilayah.

     “Karena itu tim nantinya akan didukung dengan berbagai bantuan sarana dan prasarana seperti alat untuk memadamkan api dari BNPB Pusat,” tuturnya. (MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar