BP4K Kubu Raya Bekali Penyuluh Pelatihan Kewirausahaan

Kubu Raya -  Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kubu Raya, Kalimantan Barat, memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para penyuluh yang ada di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP).

    "Pelatihan ini dilaksanakan  untuk mengembangkan sumber daya manusia, kita memberikan pembinaan dan pembekalan kepada penyuluh pada Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan yang ada di Kubu Raya. Pada pelatihan ini kita berbasis pada partisipasi dan keswadayaan masyarakat," kata Kepala BP4K Kubu Raya, Ardanihans, di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu, (19/11).

    "Pelatihan kewirausahaan kelautan dan perikanan yang dikelola masyarakat akan dilaksanakan di P2MKP yang diharapkan akan menumbuhkan kewirausahaan baru perikanan pada masyarakat. Sebab di P2MKP ini penyuluhnya dari masyarakat sehingga semakin dekat dan semakin  mudah bagi masyarakat untuk belajar," tuturnya.

    "Di Kubu Raya, P2MKP sudah ada di tiga Kecamatan dengan empat P2MKP yakni di Kecamatan Sungai Raya dua, Sungai Ambawang dan Rasau Jaya masing-masing satu P2MKP," katanya.

    Mantan Kepala Inspektorat Kubu Raya itu menambahkan, di dalam P2MKP yang menjadi fasilitator dan melakukan pembinaan adalah pembudidaya yang sudah berhasil, dengan di bawah pendampingan dan binaan oleh BP4K Kubu Raya.

    Di samping melakukan pembinaan di Kubu Raya, mereka juga bisa menjadi penyuluh di kabupaten kota lain, jika dibutuhkan, karena sertifikasi P2MKP langsung dari kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya, Djoko Triono menjelaskan, pihaknya sangat menyambut baik upaya yang dilakukan oleh BP4K Kubu Raya dalam menyiapkan dan membina Sumber Daya Manusia Perikanan di Kubu Raya.
  
    Ia berharap agar terus ada sinergi dan program yang sejalan bersama dengan DKP, sebab DKP Kubu Raya berperan dalam penyiapan infrastrukturnya.

    "Memang BP4K Kubu Raya sudah sangat baik dalam mengupayakan penyiapan dan pembinaan sumber daya manusia Kelautan, dan kita berharap terus ada sinergisitas yang baik dengan kita, karena memang tugas kita adalah dalam penyediaan infrastrukturnya. Mulai dari fasilitas dan lain sebagainya," ujarnya.

    Ia juga mengharapkan agar P2MKP Kubu Raya yang sudah ada dapat melahirkan wirausahaan baru perikanan di Kubu Raya yang nantinya juga berujung pada peningkatan kesejahteraan pembudidaya dan penggiat perikanan lainnya untuk mengembangkan usahanya dalam bidang perikanan dan kelautan yang baik.(MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar