Tingkatkan Potensi Perajin Desain Keladi Air



Kubu Raya – Keladi air merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak ditemukan sejumlah daerah di Kabupaten Kubu Raya, agar tanaman air tersebut bisa diberdayakan secara optimal, belum lama ini Dekranasda Kubu Raya memberikan pelatihan bagi para perajin keladi air dengan harapan bisa menciptakan aneka kerajinan berkualitas yang bisa bersaing dengan perajin daerah luar.
Ketua Dekranasda Kabupaten Kubu Raya, Endang Indrawati mengatakan pelatihan desain keladi air tersebut digelar selama tiga hari mulai dari hari Selasa (11/11) lalu, sementara waktu pelatihan tersebut diberikan bagi dua Kecamatan seperti Kecamatan Sungai Ambawang dan Rasau Jaya, “kedepan secara bertahap akan kita upayakan untuk terus ditingkatkan sehingga semua Kecamatan bisa mendapatkan peningkatan kualitas skill dalam mengolah sumber daya alam yang ada disetiap daerah,” ujarnya. Rabu (12/11).
Ditemui peserta desain keladi air di Gedung Dekranasda, Jumiati (39) mengatakan sebelumnya cukup sering membuat kerajianantangan seperti bunga dari bahan kertas dan sejenisnya, karena dirinya bersemangat belajar menganyam dan mendesain kerajinan dari keladi air, “setelah dilihat hasil kerajinan keladi air ini lebih menarik harganya kalau dijual jauh lebih tinggi, makanya saya usahakan luangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.
Ending Indrawati menambahkan, “kami berharap kegiatan pelatihan ini bisa menggali dan mengembangkan potensi daerah yang belum dikelola secara intensif yang tersebar di masing-masing Kecamatan dan meningkatkan pendapatan keluarga melalui pengembangan home industry kerajinan keladi air,” ungkapnya. (MC/KubuRaya/Ind).

0 komentar:

Posting Komentar