Adanaya Mini Market Dihawatirkan akan Matikan Pedagang Kecil

KUBU RAYA - Mulai mini market di Kabupaten Kubu Raya berimbas pada menurunnya pendapatan sejumlah pedagang kecil dan membuat pasar tradisional terancam gulung tikar. Pemkab Kubu Raya memang tidak dapat melarang, namun untuk mengatur keberadaannya tentu punya wewenang.
      Salah satu pedagang kecil mengeluhkan kehadiran minimarket seperti Alfamart. Ia khawatir berdampak pada menurunnya pendapatan. “Baru-baru ini ada minimarket dibuka di beberapa titik di Kubu Raya, dikhawatirkan akan mematikan usaha-usaha kecil, ucapnya.
       Menurutnya, Pemkab seharusnya mengatur tata letak dan juga jumlah mini market yang harus masuk di Kubu Raya. Misalkan, mengatur sesuai jumlah penduduk dalam satu kawasan atau tidak bersebelahan dengan pasar tradisional dan pedagang kecil, berharap pemerintah daerah mengatur keberdaan minimarket ini. Setidaknya harga di minimarket harus lebih tinggi dari harga yang dijual pedagang kecil, ujarnya.
       Dikonfirmasi, Bupati Rusman Ali mengatakan keberadaan minimarket modern seperti Alfamart dan Indomaret yang baru dibuka di kawasan Kubu Raya saat ini sebagai salah satu upaya untuk menstabilkan harga barang.
       Kehadiran mini market ini akan menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat “Ketika ada kelangkaan barang, minimarket yang ada seperti Alfamart dan Indomaret pastinya akan tetap menjual sesuai dengan harga yang biasa, karena minimarket juga tidak akan bisa menaikkan harga jika ada kelangkaan barang, ujar Rusman Ali. (MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar