Cuaca Buru, Angin barat Mengurai Tangkapan Nelayan

KUBU RAYA - Musim angin barat membuat tangkapan ikan para nelayan di Kecamatan Sui Kakap. Akibatnya persediaan ikan di pasar berkurang sementara harganya melambung tinggi ditambah permintaan banyak. Salah seorang nelayan akui memang tangkapan ikannya dalam waktu sebulan terakhir tidak banyak dikarenakan angin barat. “Faktor cuaca seperti ini sangat mengkhawatirkan karena gelombang tinggi bisa mencapai tiga meter lebih,” ungkapnya.
    

     “Biasanya kalau normal bisa lebih dari tiga atau empat ton tapi sekarang jauh merosot hanya lima puluh persen saja,” tuturnya. Bahkan tak jarang kalau dirupiahkan, hanya dapat sekitar Rp400 ribu saja. Pendapatan itu tidak dapat menutup operasional kerja terutama biaya bahan bakar minyak.

      Kejadian yang sama dialami Abu bakar, ia mengaku khawatir dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. “Kami biasanya turun melaut mulai subuh dan baru pulang sore hari. Sepinya tangkapan ikan nelayan juga berdampak pada persediaan perdagangan di pasar tradisional seperti di parit baru, karena stok kurang terpaksa harga ikan pun mahal. (MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar