Laju Pertumbuhan Ekonomi Kubu Raya Tertinggi se-Kalimantan Barat

Kubu Raya Gubernur kalimantan Barat Cornelis mengatakan, "Pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemda Kubu Raya beserta seluruh masyarakat saya nilai sudah cukup berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dan pertumbuhan ekonomi, dimana tahun 2011 mencapai 6,51 persen dan meningkat menjadi 6,69 persen di tahun 2012,"(Kamis,17/7/14).

    "Demikian juga dengan indeks pembangunan manusia Kubu Raya juga mengalami peningkatan dari 68,06 poin pada tahun 2011, menjadi 68,86 poin pada tahun 2012. Di samping itu, angka kemiskinan mengalami penurunan dari 6,67 persen tahun 2011 menjadi 6,27 persen tahun 2012 yang mengindikasikan penduduk miskin semakin berkurang," ujarnya.

      Laju pertumbuhan ekonomi Kubu Raya tersebut merupakan yang tertinggi diantara kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.
Tentunya keberhasilan tersebut diperoleh berkat kerja keras, kesungguhan, komitmen dan kebersamaan dari Pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Kubu Raya.

      keberhasilan pemerintah Kubu Raya mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 6,69 persen dan menekan angka kemiskinan menjadi 6,27 persen patut untuk diberikan apresiasi. Namun dibalik keberhasilan tersebut, tentu juga terdapat tantangan yang harus diatasi.

     "Tantangan tersebut antara lain, tingkat pengangguran terbuka tahun 2013 yang masih tinggi, yakni mencapai 9,26 persen dan merupakan yang tertinggi di Kalbar. Selain itu masih tingginya penduduk berumur 10 tahun ke atas yang buta huruf, yakni mencapai 9,47 persen," kata Gubernur

Untuk mengatasi tantangan tersebut, lanjutnya, Pemerintah Kubu Raya beserta seluruh masyarakat perlu menanamkan tekad agar masa yang akan datang, Kubu Raya akan menjadi lebih baik, lebih maju, lebih unggul dari kabupaten kota lainnya di Kalbar, bahkan menjadi yang terbaik dan terdepan di Indonesia," kata Cornelis. (MC.Kubu Raya/Ydi)

0 komentar:

Posting Komentar