Beberapa Bulan Terakhir Petani Kesulitan Mendapatkan Pupuk Bersubsidi

Kubu Raya (Infopublik) – Beberapa bulan terakhir sejumlah petani didaerah Kabupaten Kubu Raya mengeluh karna sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi dari daerah setempat, ungkap Paiman, petani di daerah Desa Kuala Dua (Minggu,20/7/14)


    Kalau tidak bisa mendapatkan pupuksesuai dengan kebutuhan, kemungkinan hasil panen tidak sesuai dengan yang kita harapkan, bahkan bisa menurun”,ungkapnya.

     “Biasanya pemerintah daerah juga mengalokasikan pupuk bersubsidi untuk petani lokal. Namun karna sulit mendapatkan pupuk bersubsidi seperti beberapa bulan terakhir ini, membuat saya dan sejumlah petani lainnya terpaksa membeli pupuk non subsidi”, ujarnya.

    Menanggapi keluhan petani yang mengaku sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Hasrul mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selalu mengupayakan tersediaan pupuk bagi para petani lokal mungkin saja kadang ada pihakprodusen yang belum bisa memenuhi pupuk sesuai waktu yang di tentukan.

    “Belum lama ini saya dan sejumlah instansi terkait jga sempatkan melakukanrapat dengan beberapa produsen pupuk. Saat di tanyakan kenpa petani masih kesulitan dalam mendapatkan pupuk, pihak produsen mengaku pupuk yang diperlukan masih dalam perjalanan menuju kalbar makanya blum bisa di salurkan maksimal sesuai dengan permintaan para petani,ujarnya (Senin,21/7/14) saat di ditemui di ruang kerjanya.

    Sahrul mengatakan, selain keterlambaran pengiriman pupuk kita juga masih terbatasnya anggaran untuk pengadaan pupuk juga masih menjadi sebuah persoalan. Misalnya di perlukan 2.400 ton pupuk dalam satu tahun, namun terkadang yang di anggarkan dan di setujui sekitar 30 sampai 35 persen.

    Secara bertahap kedepan pihaknya akan melakukanOptimalisasi pengadaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Kubu Raya dalah satu pioritas pembangunan di Kabupaten Kubu Raya yaitu produktifitas sektor pertanian, kita juga terus perupaya memaksimalkan fasilitas pemberian bantuan bagi petani termasuk dalam pengadaan pupuk, ungkapnya.
(MC.Kubu Raya/Ydi)

0 komentar:

Posting Komentar