DPRD Harapkan Realisasi Pembangunan Balai Benih Ikan

Kubu Raya - Ketua Komisi B, DPRD Kubu Raya, Suprapto mengharapkan rencana pemerintah setempat untuk membangun balai benih perikanan di Gunung Ambawang, Kecamatan Kubu dapat direalisasikan.

“Rencana pembangunan balai benih ini sudah lama, namun sepertinya sangat sulit untuk direalisasikan. Padahal pemetaan potensi perikanan sudah dilakukan, tinggal aksinya saja,” katanya di Sungai Raya, Senin (15/9/2014).

Dia menjelaskan, untuk merealisasikan hal itu, sejak tahun 2011 Pemkab Kubu Raya sudah menganggarkannya. Namun karena dananya masih terlalu kecil, sehingga baru dilakukan tahapan persiapan.

Suprapto juga mengatakan, ada tiga kecamatan yang masuk dalam kawasan minapolitan Kubu Raya, yaitu Kecamatan Batu Ampar, Kubu dan Sungai Kakap. “Sedangkan kecamatan lainnya akan menjadi daerah pendukung dari kawasan minapolitan yang sudah dicanangkan,” tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, sesuai dengan rencana Pemkab Kubu Raya untuk membuat balai benih di Gunung Ambawang, Kecamatan Kubu, diharapkan sudah bisa diwujudkan pada 2015 nanti, karena balai benih itu akan sangat berperan dalam pengembangan budidaya ikan bagi masyarakat Kubu Raya.

Menurutnya, untuk menunjang kawasan minapolitan dan pengembangan budidaya ikan itu, ke depan harus dianggarkan lebih dari bidang lainnya. Karena dia mengkhawatirkan, jika dilakukan setengah hati, program itu akan berjalan sangat lambat.

Suprapto menuturkan, dalam mengembangkan budidaya perikanan pihaknya bersama Dinas Perikanan dan Kelautan setempat telah memetakan kawasan minapolitan pada beberapa kecamatan.

“Sekitar 60 persen penduduk Kubu Raya bermata pencarian sebagai petani dan nelayan. Berdasarkan hal tersebut, Pemkab Kubu Raya sudah berkomitmen untuk mengembangkan produk pertanian dan perikanannya,” kata Suprapto.

Menurutnya, dengan sudah dipetakannya kawasan minapolitan itu, diharapkan pemerintah daerah bisa fokus dalam menganggarkan pengembangan kawasan tersebut, terutama dalam melengkapi sarana dan prasarana pendukung kawasan itu.

=======================
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar