Maksimalkan Bantuan Untuk Petani

Kubu Raya - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Sahrul, mengatakan pemerintah setempat akan terus memaksimalkan bantuan kepada para petani, salah satunya program penguatan permodalan bagi petani agar bisa memperluas areal pertanian dan meningkatkan hasilnya.
“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kubu Raya dengan pola ekonomi kerakyatan,” katanya di Sungai Raya, Senin (15/9/2014).

Menurutnya, pola itu dirasa sangat tepat dikembangkan di Kubu Raya mengingat wilayah Kubu Raya yang sangat luas dan peluang pengembangan pertanian sangat besar.

Dia mengatakan, pengembangan usaha pertanian dan juga usaha lainnya, kebanyakan sangat dipengaruhi oleh permodalan. Untuk itu, pemkab berupaya memberikan solusi dengan membangun sistem perkoperasian masyarakat, karena melalui koperasi masyarakat bisa simpan pinjam untuk meningkatkan produktifitas pertanian,peternakan dan usaha lainnya,” tuturnya.

“Kita menyiapkan program, di mana nantinya petugas pelayanan terpadu serta petugas notaris akan kita tugaskan ke desa-desa untuk membantu masyarakat mengurus badan hukum koperasi desa dan kecamatan, sehingga jika mereka memiliki koperasi akan lebih mudah Bank memberikan pinjaman-pinjaman kepada pengembangan usaha masyarakat,” kata tuturnya.

Ia mengatakan langkah itu, diyakini bisa membantu masyarakat. Sehingga masyarakat dari desa-desa yang jauh tidak perlu lagi harus bolak-balik ke Kabupaten mengurus hal-hal yang bersifat administratif.

“Dengan demikian pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa terus bertumbuh dengan baik, tinggal bagaimana masyarakat mengelolanya,” katanya.

==============
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar