Siaga Pantau Terus Titik Api

KUBU RAYA - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, akan terus memantau jumlah titik api di Kubu Raya. Meski beberapa waktu lalu, sejumlah daerah di Kubu Raya dan sekitarnya mendapat curah hujan.

“Walaupun beberapa waktu lalu sempat hujan dua hari dibeberapa kawasan Kubu Raya, namun kita tetap melakukan pengawasan. Jika sewaktu-waktu terdapat penambahan titik api seperti di kawasan Sungai Kakap dan Sungai Ambawang langsung akan kita lanjuti untuk dilakukan pemadaman,” papar Juliansyah, Kepala BPBD Kubu Raya, Senin (22/9/2014).

Selain melakukan tindakan pemadaman langsung dilapangan, Juliansyah mengaku pihaknya juga telah memberikan edukasi atau penyuluhan. “Sejumlah upaya antisipasi untuk menekan bertambahnya jumlah titik api di Kubu Raya sudah kita lakukan,” paparnya.

“Beberapa langkah antisipasi seperti penyuluhan hingga pemasangan spanduk imbauan untuk tidak membakar lahan telah kami lakukan. Kawasan yang di nilai rentan bahaya kebakaran dalam skala besar, disebutkan Juliansyah seperti Ambawang, Batu Ampar dan Sungai Raya. Namun untuk titik api skala kecil berpotensi terjadi hampir merata di sembilan kecamatan di Kubu Raya.

Sementara itu, Prakiwan BMKG Supadio Pontianak, Sutikno menyebutkan dibandingkan sepekan sebelumnya, jumlah hotspot yang ada di Kubu Raya saat ini jauh berkurang. “Berdasarkan pantauan Citra Satelit NOAA-18 jumlah titik hotspot di Kubu Raya pada 15 September lalu  terdapat 15 titik, namun sejak 21 September tinggal I titik hotspot saja,” jelasnya. (MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar