Perbedaan Gender Bukan Alasan Penghalang Kemajuan Kubu Raya

KUBU RAYA - Pembangunan dalam bidang pemberdayaan perempuan adalah bagian integral dari pembanguan nasional yang berkelanjutan. Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Kubu Raya, Hermansyah saat kegiatan Peningkatan Kapasitas Jaringan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), Senin (22/9/2014).

    Upaya tersebut, telah menjadi komitmen dan kemajuan politis yang kuat dari pemerintah. Berbagai kebijakan, strategis, program dan kegiatan telah ditempuh dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, katanya.

    “Program pemberdayaan perempuan diarahkan untuk mengembangkan dan mematangkan berbagai potensi yang ada pada diri perempuan yang memungkinkan dirinya dapat memanfaatkan hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki terhadap sumberdaya pembangunan,” ujar Hermanus pada acara BPPKB Kubu Raya.

    Dikatakan Wabup, faktanya sampai saat ini peranan perempuan belum memadai kendati telah diupayakan sejak lama. Ini karena pendekatan pembangunan selama ini belum secara merata dan adil bagi perempuan dan laki-laki yang dapat menimbulkan ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender.

    “Untuk menjadikan kepentingan dan pengalaman perempuan dan laki-laki menjadi dimensi integral dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian kebijakan dalam program pembangunan, melalui berbagai program dan kebijakan pemerintah Indonesia terus berupaya agar keadilan gender dapat tercapai dimasyarakat.(MC. Kubu Raya/Wulan)

0 komentar:

Posting Komentar