Maksimalkan Pengangkatan Sampah

Kubu Raya - Tidak hanya warga Kubu Raya yang membuang sampah di TPS Kota Pontianak. Namun sebaliknya ada juga warga Kota Pontianak yang membuang sampah di TPS Kubu Raya. Terutama warga yang tinggal di wilayah perbatasan antara Kota Pontianak dan Kubu Raya. ( Selasa 09 September 2014 )

       “Apa yang dikatakan Kapala Dinas Kebersihan dan Pertamanan  Kota Pontianak, bahwa  ada warga Kubu Raya yang  membuang sampah di TPS Kota Pontianak memang  ada benarnya.  Tapi yang  terjadi juga sebaliknya ada juga warga Kota Pontianak yang membuang sampah di TPS Kubu Raya,” 
          Pendi seorang warga Kubu Raya  mencontohkan,  warga Kota Pontianak yang membuang sampah  di TPS Kubu Raya, seperti di TPS yang berada di Sungai Raya Dalam, serta pinggiran  Jalan Trans Kalimantan Ambawang.  Hanya persoalannya,  Bidang Kebersihan dan Pertamanan Kubu Raya tidak terlalu mempersoalkan, karena  lebih mengedepankan saling  menghargai karena  hidup bertetangga.

    Menurut Pendi,  terlepas saling menyalahkan antara warga yang membuang sampah di wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya,  dirinya tetap  memberikan penghargaan dan penilaian baik  terhadap kinerja Dinas  Kebersihan dan Pertamanan  Kota Pontianak.  Penilaian positif tersebut dikarenakan kinerjanya memang lebih baik.  Buktinya, mampu mengendalikan sampah dan menegakkan aturan bagi warga yang melanggar jadwal membuang sampah.

     “Keberhasilan  Kota Pontianak mengendalikan sampah, lebih dikarenakan  peneggakan aturan. Warga yang melanggar aturan seperti jadwal membuang sampah dijatuhi sanksi denda atau sidang di Pengadilan Negeri.  Setiap TPS ditempatkan petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk melakukan pengawasan,” ungkap Pendi.
    Hal yang berbeda terjadi di Kubu Raya, dimana-mana ada sampah. TPS tidak ada petugas Bidang Kebersihan dan Pertamanan. Sanksi bagi warga yang  melanggar  jadwal  membuang  sampah tidak  pernah dilakukan.  Jadwal pengangkutan sampah juga tidak serutin  Kota Pontianak.
    Untuk itulah,  Pendi berharap kepada instansi berwenang bidang kebersihan untuk meniru apa yang dilakukan di Kota Pontianak agar Kubu Raya  tidak menjadi” Kota Sampah”, harapnya.(MC/KubuRaya/ irdiansyah)

0 komentar:

Posting Komentar