Jalan Menuju TPA Diperbaiki, Sampah Terbengkalai


KUBU RAYA - Masyarakat Kabupaten Kubu Raya mengeluhkan sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tidak diangkut petugas kebersihan. Namun, Kabid Kebersihan dan Pertamanan Kubu Raya, Suharto mengatakan jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rasau Jaya sedang diperbaiki.

Suharto mengatakan, jalan yang dibangun menuju TPA sepanjang 250 meter. Armada kebersihan terpaksa menunggu beton dan aspal di badan jalan kering. “Sudah ditanggulangi kerusakan jalan menuju TPA itu, tapi kami tak berani untuk mengangkut sampah ke TPA. Kami akan beroperasi setelah jalan itu kering,” katanya, Minggu (21/12).

Tidak hanya kendala akses jalan, Suharto menambahkan, terbatasnya armada mnejadi kendala yang hingga saat ini belum bisa diatasi. Saat ini instansinya hanya memiliki 11 unit armada, termausk 8 dump truck, dan 3 amrol untuk mengangkat bak sampah. “3 unit amrol itu kadang tidak bisa maksimal, karena sering mengalami kerusakan,” kata Suharto.

Ia mengklaim pihaknya sudah semaksimal mungkin melakukan penanganan sampah, tapi keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki menyebabkan kinerja instansinya belum optimal. Ia menilai, wajar jika ada beebrapa TPS sering terjaid penumpukkan sampah karena belum di angkut. “Mudah-mudahan tahun 2015 nanti, sesuai usulan anggaran yang telah diajukan bisa disetujui. Sehingga masalah ini akan tuntas dengan penambahan armada, yang saat ini bisa dikatakan sudah tidak layak digunakan lagi,” katanya.(MC.Kubu Raya/Wulan)          

0 komentar:

Posting Komentar