Masyarakat Sungai Kakap Padati Perayaan Robo-robo



KUBU RAYA - Ribuan warga Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya memadati pasar Sungai Kakap untuk menggelar tradisi Robo-robo yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Untuk tahun ini, pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar pelaksanaan Robo-robo tersebut di tiga kecamatan, yakni Sungai Kakap, Teluk Pakedai dan Kubu.

"Kita harapkan, kegiatan ini dijadikan sebagai ajang melestarikan budaya leluhur dan menjalin silaturahmi antar warga. Ini tentu bisa menjadi suatu khasanah budaya yang patut untuk dipertahankan karena melalui Robok-robok ini, memiliki nilai budaya yang sangat baik," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus di Sungai Kakap, Rabu (18/12).

Perayaan  Robo-robo yang selalu diadakan pada hari Rabu terakhir pada bulan Syafar  tahun Hijriah itu selalu di rayakan oleh masyarakat Kabupaten Kubu Raya setiap tahunnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi pukul 9 WIB itu juga dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, anggota DPR RI Syarif Abdullah Al-Qadri, DPRD Provinsi Kalbar Syarif Amin Al-Qadri, DPRD Kubu Raya Usman dan Ketua Majelis Keraton Nusantara Kalbar Gusti Suryansyah.

Pekan Raya Robo-robo yang berlangsung di Kecamatan Sungai Kakap itu di isi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, pelajar dan pemerintah. Mulai dari lomba sampan dan Kasidah.

"Hendaknya kegiatan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat tersebut di samping melestarikan budaya leluhur juga sekaligus menjalin silaturahmi antarwarga. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk membangun karakter masyarakat sehingga mempunyai jati diri. Karena dengan momen Robo-robo ini sekaligus untuk membangun kepercayaan satu sama lain," katanya.

Hermanus mengharapkan agar kegiatan tersebut bisa menjadi bagian dari wisata budaya di Kabupaten Kubu Raya yang setiap tahunnya diselenggarakan.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian budaya yang sudah ada turun temurun dan akan terus dikembangkan pelaksanaan kegiatannya.

Sementara itu, Camat Sungai Kakap Suhari merasa bahagia karena Perayaan Robo-robo ini bisa berlangsung di daerah yang ia pimpin. Dan dirinya juga berterima kasih dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah mengalokasikan anggaran dari APBD untuk kegiatan budaya Robo-robo itu. (MC.Kubu Raya/Wulan)      

0 komentar:

Posting Komentar